Minggu, 25 Desember 2011

Antara Wordpress atau Blogspot?


Sebenarnya saya tidak berminat untuk membuat blog. Tapi berhubung UAS nanti saya disuruh bikin blog atau web untuk dipresentasikan, jadinya saya buat aja. Daripada membuat web yang tergolong susah untuk dibuat, akhirnya saya memilih untuk membuat blog saja.

Membuat blog tidak cukup sulit, hanya saja saat mendesain blog tersebut yang cukup sulit.

Ada banyak situs yang menyediakan untuk membuat blog. Di antaranya adalah Wordpress, Blogspot, Multiply, Livejournal, dan lainnya. Di antara semua situs yang disebutkan, saya bingung untuk memilih antara Wordpress atau Blogspot. Daripada saya bingung, lebih baik saya mencoba membuat keduanya.

Untuk masalah Wordpress sendiri, sebenernya cukup mudah untuk mengoperasikannya bagi pemula dalam dunia blogging. Berbeda untuk Blogspot sendiri yang cukup rumit dalam pengoperasiannya.

Tapi itu semua tergantung pada penggunanya sendiri. ketika saya mencoba untuk mempelajari keduanya, akhirnya saya memilih Blogspot. Kenapa?

Pada Wordpress tersendiri, tema desain blog sudah tersedia. Kita bisa memilihnya sesuka hati. Tapi, di antara tema-tema tersebut, ada yang menarik perhatian kita, misalnya. Tapi sayangnya, kita harus membayar terlebih dahulu untuk memilih tema tersebut. Karena memang di Wordpress sendiri temanya ada yang gratis, ada juga yang berbayar.

Lalu,bisa kah kita memilih tema selain pada yang sudah disediakan Wordpress?

Jawabannya, kalian harus bayar dahulu, begitulah kata Wordpress. Selain itu juga, kita juga tidak bisa mengedit bentuk HTML pada tema Wordpress yang kita pilih.

Maka dari itulah saya lebih memilih Blogspot. Kita bisa memilih tema yang disediakan oleh Blogspot. Tapi kita juga bisa memilih tema selain yang disediakan oleh Blogspot itu sendiri.

Lalu bagaimana cara kita mengganti tema selain pada tema Blogspot itu sendiri?

Ada banyak situs yang menyediakan berbagai macam tema untuk Blogspot. Di antaranya adalah:
Dan masih banyak lagi situs yang menyediakan tema-tema Blogspot yang disediakan oleh mesin Google kita.

Lalu bagaimana cara mengganti temanya?

Mudah. Masuk saja ke template lalu pilih edit HTML. Copy paste-kan tema yang kamu dapat dan ganti.

Tertarik untuk mencoba? Silahkan~

Tapi saran saya sendiri, lebih baik untuk pemula menggunakan Wordpress. Tapi kalau misalnya memang sudah mengerti dunia HTML, lebih baik menggunakan Blogspot agar lebih mudah mengoperasikannya.

0 comment:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More



Weed - Marijuana